Blue Fire Pointer

Selasa, 20 Agustus 2013

All About Housekeeping

. Pengertian Housekeeping
Secara garis besar yang dimaksud dengan pengertian Housekeeping adalah:
Salah  satu departemen yang ada di  suatu hotel  yang mengutamakan    kelengkapan,     kebersihan    kamar, keselamatan,  kelestarian  lingkungan di  areal  hotel, baik operasional maupun administrasinya.
1. Tugas Housekeeping
Pagi Hari
  • Menghubungi   F.O untuk  mendapatkan  informasi mengenai  kamar VIP dan check Out Room sebelum memulai  tugasnya,  kemudian mengirimkan laporan tersebut ke setiap Supervisor.
  • Mengerjakan pemeriksaan dan pencatatan barang yang hilang dan rusak.
  • Pembagian Cleaning Supplies ke setiap floor.
Sore Hari
  • Bertanggung jawab terhadap jalannya pekerjaan pada waktu  sore hari  terutama  apabila  Executive Housekeeper tidak ada. 
  • Membuat Housekeeping Evening Shift Report.
  • Mengisi Log Book untuk housekeeping Morning  shift terutama kalau ada pesan penting.

2. Hubungan Housekeeping dengan Defartemen lainnya

Dalam suatu hotel, semua departemen saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya serta pekerjaannya. Jika semua bagian saling berhubungan dengan baik, maka dalam menjalankan pekerjaannya-pun akan lancar dan baik.

Hubungan Housekeeping  dengan departemen lainnya, adalah sebagai berikut:
a.    Housekeeping dengan F. O.
H.K. melaporkan kepada F.O. mengenai:
  • Room Station
  • Mengenai kamar VIP
  • Perpindahan kamar tamu
  • Mencatat tamu yang Check Out
  • Mencatat barang tamu yang tertinggal. (Agustinus Darsono, Kantor Depan Hotel. Hal. 14.)
b.    H. K. Dengan F.B. , meliputi :
  • Room Service
  • Banquite
  • Linen
c.    H.K. dengan Laundry/Linen
  • House Laundry
  • Guest Laundry
d.    H.K. dengan Accounting
  • Membuat Bill untuk tamu
  • Inventories
e.    H.K. dengan Man Power
  • Menangani masalah tentang kepegawaian
  • Informasi
f.    H.K. dengan Engineering
  • Repair dan Maintenance bertugas menangani bila terjadi  kerusakan barang yang  ada  di  kamar terutama barang-barang electronik.
g.    H.K. dengan Marketing
  • Informasi tentang/mengenai penjualan hotel
 
i. H.K. dengan Security
  • Menjaga  keamanan,  baik para tamunya, barang-barang tamu maupun hotel.
  • Section-section yang ada di Housekeeping

Di dalam melaksanakan kegiatannya, Housekeeping departemen,  mempunyai beberapa section antara  lain adalah:
- Houseman Section
Bertugas dan bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, kenyamanan, dan keindahan hotel baik itu di dalam maupun yang ada di wilayah hotel tersebut.
-    Housekeeping Office
Section ini ditugaskan untuk membuat  Housekeeping Report.  Laporan tersebut dikirim ke Front  Office Department  dan  yang   satunya  disimpan   di Housekeeping Office. Selain itu juga  melaksanakan administrasi dan komunikasi antar section.
-    Florist Section
Section ini bertugas untuk menyediakan bunga-bunga yang  sudah dirangkai yang akan dipergunakan atau di  tempatkan di kamar-kamar tamu atau areal yang sudah ditentukan.
-    Linen dan Uniform Section
Linen adalah:
Salah  satu perlengkapan hotel yang memakan biaya terbanyak,  oleh karena itu cara pemakaian dan pemeliharaannya harus benar-benar diperhatikan.
Linen Room adalah:
Pusat penyimpanan seluruh keperluan perlengkapan linen termasuk pakaian seragam pegawai di Hotel.  (Institut  Pariwisata Nusa  Jaya  Jakarta,  Pengetahuan Dasar Perhotelan. Hal. 29.)
Linen meliputi :
- Linen yang digunakan di kamar-kamar. Misalnya:
Sheet, Pillow Case, dan lainnya.

-    Linen Restaurant
Misalnya:
Nepkin,  Taplak meja, Tray cloth,  dan lainnya.
Linen dalam operasinya sangat penting, karena harganya sangat mahal sekali. Oleh karena itu penggunaan dan pemeliharaannya harus hati-hati dan teliti. (Marsum W. A. ,  Sistem Pelayanan Makanan  dan Minuman Secara Internasional. Hal. 11.)

Dalam restaurant, Stock linen harus dua kali lipat dengan jumlah kursi sehingga bila yang satu kotor selalu ada gantinya yang siap dipakai sewaktu-waktu.
-    Uniform
Tempat penyimpanan seragam atau pakaian para karyawan hotel yang sudah rapih yang sudah dicatat oleh petugas linen, dan siap untuk digunakan bila karyawan hotel akan berganti Uniform.
C. Personalia
Tugas-tugas dari masing-masing Personalia adalah:
a. Executive Housekeeper
Bertanggung jawab secara keseluruhan dalam operasi di lingkungan Housekeeping dan bertanggung jawab atas segala anggarannya.

b.    Assist Executive Housekeeper
Bertanggung jawab atas operasional Housekeeping setiap harinya dan membantu tugas-tugas Executive Housekeeper.

c.    Housekeeping Secretary
Bertanggung jawab atas tugas keadministrasian di Housekeeping termasuk membuat dan mencatat semua masukkan dari tamu.

d.    Mini Bar
Bertanggung jawab tentang penyediaan supplies  meals
dan  drinks  serta mencatat   pengeluaran  setiap
harinya. 
e. Houseman
Bertanggung jawab atas kesuksesan daripada houseman
operation setiap harinya.

f. Floor Caption
Bertugas roengontrol kebersihan dan kelengkapan kamar
dan juga sebagai pemimpin Room Boy/maid.

g. Room Boy/Room Maid
Pelaksana   harian   daripada   Room   Section   dan
bertanggung jawab atas keberhasilan dan kelengkapan
kamar dan keperluan tamunya.

0 komentar:

Posting Komentar