. Pengertian Housekeeping
Secara garis besar yang dimaksud dengan pengertian Housekeeping adalah:
Salah satu departemen yang ada di suatu hotel yang mengutamakan
kelengkapan, kebersihan kamar, keselamatan, kelestarian
lingkungan di areal hotel, baik operasional maupun administrasinya.
1. Tugas Housekeeping
Pagi Hari
- Menghubungi F.O untuk mendapatkan informasi mengenai kamar VIP dan check Out Room sebelum memulai tugasnya, kemudian mengirimkan laporan tersebut ke setiap Supervisor.
- Mengerjakan pemeriksaan dan pencatatan barang yang hilang dan rusak.
- Pembagian Cleaning Supplies ke setiap floor.
Sore Hari
- Bertanggung jawab terhadap jalannya pekerjaan pada waktu sore hari terutama apabila Executive Housekeeper tidak ada.
- Membuat Housekeeping Evening Shift Report.
- Mengisi Log Book untuk housekeeping Morning shift terutama kalau ada pesan penting.
2. Hubungan Housekeeping dengan Defartemen lainnya
Dalam suatu hotel, semua departemen saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya serta pekerjaannya. Jika semua bagian saling berhubungan dengan baik, maka dalam menjalankan pekerjaannya-pun akan lancar dan baik.
Hubungan Housekeeping dengan departemen lainnya, adalah sebagai berikut:
a. Housekeeping dengan F. O.
H.K. melaporkan kepada F.O. mengenai:
H.K. melaporkan kepada F.O. mengenai:
- Room Station
- Mengenai kamar VIP
- Perpindahan kamar tamu
- Mencatat tamu yang Check Out
- Mencatat barang tamu yang tertinggal. (Agustinus Darsono, Kantor Depan Hotel. Hal. 14.)
b. H. K. Dengan F.B. , meliputi :
- Room Service
- Banquite
- Linen
c. H.K. dengan Laundry/Linen
- House Laundry
- Guest Laundry
d. H.K. dengan Accounting
- Membuat Bill untuk tamu
- Inventories
e. H.K. dengan Man Power
- Menangani masalah tentang kepegawaian
- Informasi
f. H.K. dengan Engineering
- Repair dan Maintenance bertugas menangani bila terjadi kerusakan barang yang ada di kamar terutama barang-barang electronik.
g. H.K. dengan Marketing
- Informasi tentang/mengenai penjualan hotel
i. H.K. dengan Security
- Menjaga keamanan, baik para tamunya, barang-barang tamu maupun hotel.
- Section-section yang ada di Housekeeping
Di dalam melaksanakan kegiatannya, Housekeeping departemen, mempunyai beberapa section antara lain adalah:
- Houseman Section
Bertugas dan bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, kenyamanan, dan keindahan hotel baik itu di dalam maupun yang ada di wilayah hotel tersebut.
Bertugas dan bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, kenyamanan, dan keindahan hotel baik itu di dalam maupun yang ada di wilayah hotel tersebut.
- Housekeeping Office
Section ini ditugaskan untuk membuat Housekeeping Report. Laporan tersebut dikirim ke Front Office Department dan yang satunya disimpan di Housekeeping Office. Selain itu juga melaksanakan administrasi dan komunikasi antar section.
Section ini ditugaskan untuk membuat Housekeeping Report. Laporan tersebut dikirim ke Front Office Department dan yang satunya disimpan di Housekeeping Office. Selain itu juga melaksanakan administrasi dan komunikasi antar section.
- Florist Section
Section ini bertugas untuk menyediakan bunga-bunga yang sudah dirangkai yang akan dipergunakan atau di tempatkan di kamar-kamar tamu atau areal yang sudah ditentukan.
Section ini bertugas untuk menyediakan bunga-bunga yang sudah dirangkai yang akan dipergunakan atau di tempatkan di kamar-kamar tamu atau areal yang sudah ditentukan.
- Linen dan Uniform Section
Linen adalah:
Salah satu perlengkapan hotel yang memakan biaya terbanyak, oleh karena itu cara pemakaian dan pemeliharaannya harus benar-benar diperhatikan.
Linen adalah:
Salah satu perlengkapan hotel yang memakan biaya terbanyak, oleh karena itu cara pemakaian dan pemeliharaannya harus benar-benar diperhatikan.
Linen Room adalah:
Pusat penyimpanan seluruh keperluan perlengkapan linen termasuk pakaian seragam pegawai di Hotel. (Institut Pariwisata Nusa Jaya Jakarta, Pengetahuan Dasar Perhotelan. Hal. 29.)
Pusat penyimpanan seluruh keperluan perlengkapan linen termasuk pakaian seragam pegawai di Hotel. (Institut Pariwisata Nusa Jaya Jakarta, Pengetahuan Dasar Perhotelan. Hal. 29.)
Linen meliputi :
- Linen yang digunakan di kamar-kamar. Misalnya:
Sheet, Pillow Case, dan lainnya.
- Linen Restaurant
Misalnya:
Nepkin, Taplak meja, Tray cloth, dan lainnya.
Linen dalam operasinya sangat penting, karena harganya sangat mahal sekali. Oleh karena itu penggunaan dan pemeliharaannya harus hati-hati dan teliti. (Marsum W. A. , Sistem Pelayanan Makanan dan Minuman Secara Internasional. Hal. 11.)
Sheet, Pillow Case, dan lainnya.
- Linen Restaurant
Misalnya:
Nepkin, Taplak meja, Tray cloth, dan lainnya.
Linen dalam operasinya sangat penting, karena harganya sangat mahal sekali. Oleh karena itu penggunaan dan pemeliharaannya harus hati-hati dan teliti. (Marsum W. A. , Sistem Pelayanan Makanan dan Minuman Secara Internasional. Hal. 11.)
Dalam restaurant, Stock linen harus dua kali lipat dengan jumlah kursi sehingga bila yang satu kotor selalu ada gantinya yang siap dipakai sewaktu-waktu.
- Uniform
Tempat penyimpanan seragam atau pakaian para karyawan hotel yang sudah rapih yang sudah dicatat oleh petugas linen, dan siap untuk digunakan bila karyawan hotel akan berganti Uniform.
Tempat penyimpanan seragam atau pakaian para karyawan hotel yang sudah rapih yang sudah dicatat oleh petugas linen, dan siap untuk digunakan bila karyawan hotel akan berganti Uniform.
C. Personalia
Tugas-tugas dari masing-masing Personalia adalah:
Tugas-tugas dari masing-masing Personalia adalah:
a. Executive Housekeeper
Bertanggung jawab secara keseluruhan dalam operasi di lingkungan Housekeeping dan bertanggung jawab atas segala anggarannya.
Bertanggung jawab secara keseluruhan dalam operasi di lingkungan Housekeeping dan bertanggung jawab atas segala anggarannya.
b. Assist Executive Housekeeper
Bertanggung jawab atas operasional Housekeeping setiap harinya dan membantu tugas-tugas Executive Housekeeper.
c. Housekeeping Secretary
Bertanggung jawab atas tugas keadministrasian di Housekeeping termasuk membuat dan mencatat semua masukkan dari tamu.
d. Mini Bar
Bertanggung jawab tentang penyediaan supplies meals
dan drinks serta mencatat pengeluaran setiap
harinya.
e. Houseman
Bertanggung jawab atas kesuksesan daripada houseman
operation setiap harinya.
Bertanggung jawab atas kesuksesan daripada houseman
operation setiap harinya.
f. Floor Caption
Bertugas roengontrol kebersihan dan kelengkapan kamar
dan juga sebagai pemimpin Room Boy/maid.
g. Room Boy/Room Maid
Pelaksana harian daripada Room Section dan
bertanggung jawab atas keberhasilan dan kelengkapan
kamar dan keperluan tamunya.
0 komentar:
Posting Komentar